Sabtu, 01 Juni 2013

Beranda » » Profil Lengkap, Biodata dan Foto-Foto Gita Wiryawan

Profil Lengkap, Biodata dan Foto-Foto Gita Wiryawan

Nama Gita Wirjawan semenjak dirinya menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2014 dari Partai Demokrat. Apalagi saat Gita Wirjawan menjadi pembaca berita atau news anchor di Liputan 6 SCTV bersama Jokowi, banyak yang menaruh perhatian padanya. Kini, Gita Wirjawan sudah menjadi idola banyak orang, terutama kaum perempuan. Karena itulah, banyak yang mencari profil lengkap dan biodata Gita Wirjawan, foto-foto keseharian Gita Wirjawan, siapa istri Gita Wirjawan, keluarga Gita Wirjawan, anak-anak Gita Wirjawan, Gita Wirjawan sewaktu masa muda, Gita Wirjawan yang berwajah tampan dan ganteng, kehidupan pribadi Gita Wirjawan Calon Presiden atau Capres dan semua tentang Gita Wirjawan.
Gita Wirjawan yang bernama lengkap Gita Irawan Wirjawan ini lahir di Jakarta, pada tanggal 21 September 1965. Beliau adalah pengusaha asal Indonesia, putra dari pasangan Wirjawan Djojosoegito (almarhum) dan Paula Warokka Wirjawan. Pada 2008, Gita Wirjawan mendirikan perusahaan Ancora Capital (Tempo), perusahaan investasi di bidang sumber daya dan pertambangan. Ia mendirikan perusahaan tersebut setelah memutuskan mundur dari kursi Presiden Direktur JP Morgan Indonesia yang ia jabat selama tahun 2006 sampai 2008.
Kesuksesannya dalam mengelola perusahaan tak lepas dari kekuatan relasi yang ia bangun sejak kuliah di Harvard. Ancora Capital sendiri berfokus pada investasi di sektor energi dan sumber daya alam. Kesuksesan Gita dalam mengelola perusahaannya dibuktikan ketika dalam hitungan bulan, Ancora berhasil mengambil alih sebagian saham beberapa perusahaan besar seperti PT Bumi Resources Tbk. Selain itu, ia juga merupakan salah satu komisaris PT Pertamina. Pada tanggal 18 Oktober 2011, berkaitan dengan reshuffle Kabinet Indonesia Bersatu II, Gita Wirjawan diangkat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Mari Elka Pangestu.
Karier dan Kehidupan Gita Wirjawan
Gita Wirjawan menempuh pendidikan S-1 di University of Texas Amerika Serikat. Ia menyelesaikan kuliah S-2 pertamanya di Baylor University, pada tahun 1989. Ia mengambil jurusan administrasi bisnis. Selepas kuliah, ia memulai keriernya dengan bekerja di Citibank. Pada tahun 1999, dia mengambil kuliah S-2 jurusan public administration (Administrasi Publik) di Harvard University dan lulus pada tahun 2000. Selesai S-2, ia bekerja di Goldman Sachs Singapura, sebuah bank yang didirikan oleh Marcus Goldman. Gita bekerja di sana hingga tahun 2004. Tahun berikutnya dia pindah ke ST Telekomunikasi sampai 2006 juga di Singapura, Gita kemudian bekerja di JP morgan Indonesia sebagai direktur utama. Gita menjadi direktur di sana 2006-2008.
Gita mundur dari JP Morgan pada April 2008 dan mendirikan Ancora Capital. Dalam hitungan bulan, perusahaan ini mengambil alih sebagian saham PT Apexindo Pratama Duta Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Multi Nitrat Kimia, perusahaan properti di Jakarta, dan sebuah perusahaan properti di Bali. Keberhasilan Gita memimpin Ancora adalah berkat banyak mengandalkan koneksinya saat kuliah di Harvard.
Hobi Jazz dan Golf
Gita Wirjawan merupakan pecinta musik terutama jazz. Gita mendirikan mendirikan rumah produksi musik bernama Omega Pacific Production. Album-album yang diluncurkan lebih banyak bercorak jazz. Ia memproduksi album jazz bagi pianis Nial Djuliarso, grup jazz Cherokee, dan Bali Lounge I dengan vokalis Tompi. Beberapa lagu dalam album-album itu dia tulis atau aransemen sendiri. Selain memproduksi album jazz, Gita Wirjawan mengeluarkan album pop, seperti Tompi, Bali Lounge II, dan album Dewi Lestari.
Pada akhir tahun 2009, tepatnya pada Rabu, 11 November, Gita Wirjawan resmi bergabung dengan Kabinet Indonesia Bersatu II. Gita memperoleh jabatan baru yakni sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Sebagai Kepala BKPM, Gita Wirjawan bertugas membenahi permasalahan permasalahan investasi yang ada di Indonesia.
Selain musik jazz, Gita Wirjawan juga merupakan pecinta olahraga golf. Kecintaannya pada golf dia tunjukkan dengan mendirikan Sekolah Ancora Golf untuk mencari bibit pegolf muda dari Indonesia. Murid-murid Ancora Golf dididik instruktur dari Singapura untuk dipersiapkan mewakili Indonesia dalam kompetisi internasional. Biaya hidup murid Ancora juga ditanggung Gita. Selain itu Gita Wirjawan juga menyiapkan asrama bagi anak didiknya. Asrama itu bahkan dilengkapi fasilitas seperti televisi plasma, Wi-Fi, dan penyejuk udara.
Ancora Foundation
Gita Wirjawan merupakan pendiri Ancora Foundation, sebuah yayasan yang bergerak dibidang kemanusiaan khususnya pendidikan. Organisasi ini berfokus pada donasi pendidikan untuk pemuda Indonesia. Yayasan ini telah membuat beberapa program beasiswa antara lain:
  • Ancora Foundation Graduate Fellowship Fund di John F. Kennedy School of Government, Harvard University
  • Ancora Foundation Graduate Fellowship Fund di University of Cambridge
  • Ancora Foundation Graduate Fellowship Fund di University of Oxford
  • Ancora Foundation Scholarship di Universitas Paramadina
  • Ancora Foundation Scholarship di Universitas Multimedia Nusantara
  • The Ancora-Khazanah Scholarship Program
  • The Ancora Scholarship Program di Jawa Barat
Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI)
Pada tanggal 14 Desember 2012, Gita Wirjawan resmi menjabat sebagai Ketua PBSI periode 2012-2016. Pelantikan tersebut dilaksanakan di Kompleks Pelatnas Cipayung, Jakarta, setelah sebelumnya tertunda cukup lama setelah ia terpilih dalam Munas PBSI di Yogyakarta pada tanggal 20-22 September 2012.
Pemikiran Matang
Sebenarnya latar belakang Gita Wirjawan keluar dari JP Morgan adalah karena ia telah mengetahui lebih dulu mengenai krisis finansial di AS pada 2007. Ia mengetahui bahwa dampaknya akan mendunia. Kala itu ia telah berusaha memberi tahu beberapa ekonom dan pemerintah. Sayang, tidak ada yang peduli dengan pendapatnya. Maka dari itu, ia mendirikan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang investasi. Perusahaan itulah yang bernama Ancora Capital. Perusahaan ini ia siapkan untuk membeli saham-saham perusahaan yang ia perkirakan akan rugi karena krisis keuangan global itu.
Dalam hal investasi, Gita Wirjawan meyakini bahwa pembangunan di Indonesia masih memerlukan bantuan keuangan. Indonesia sebagai negara berkembang, menurut Gita memerlukan investasi asing (foreign investment) sebagai penunjang kekuarangan modal (capital) yang terjadi. Gita mengumpamakan Indonesia adalah sebuah bangunan yang kekurangan dana untuk membuat atapnya.
Maka dari itu, bantuan dari luar sebaiknya tidak ditanggapi negatif. Dengan sudut pandang positif, bantuan ini harus diartikan sebagai modal untuk membangun kekuatan ekonomi. Dan kebetulan pihak luar negeri memiliki sumber bantuan tersebut. Seharusnya memang orang Indonesia sendiri yang mengelola sumber dayanya sendiri, tetapi untuk periode tertentu bantuan masih dibutuhkan.
Akan tetapi, Gita Wirjawan tetap mengakui bahwa meminta bantuan dari luar negeri memang dilematis. Sebagian kalangan menilai bahwa ini tidak nasionalis dan hanya membahayakan kondisi ekonomi dalam negeri. Bagi Gita, pandangan itu salah. Bantuan dari luar negeri seharusnya diartikan sebagai dukungan untuk membangun ekonomi negara bukan menjual negara. Sekali lagi, ia menegaskan bahwa bantuan itu harus ditanggapi dengan pola pikir (mindset) positif.
(Op);sumber:wikipedia

Source : www.slidegossip.com/2013/05/nama-gita-wirjawan-semenjak-dirinya.html